Kamis, 14 Desember 2017

Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Menggunakan Media Kartu Bilangan

Menurut Association for education and commuication technology (AECT), media yaitu segala bentuk yang dipergunakan untuk suatu proses penyaluran informasi. Media diartikan sebagai segala benda yang dapat dimanipulasikan, dilihat, didengar, dibaca, atau dibicarakan beserta instrument yang digunanakan untuk kegiatan tersebut. Jelasnya media adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan pesan, merangsang pikiran, perasaan, dan kemauan peserta didik sehingga terdorong terjadinya proses belajar pada dirinya.

Peranan media pembelajaran sangatlah penting dalam kegiatan belajar mengajar. Sangatlah sulit materi pelajaran tersampaikan dengan baik tanpa melalui media pembelajaran yang tepat.  Pada awalnya media hanya berfungsi sebagai alat bantu dalam kegiatan belajar mengajar yakni berupa sarana yang dapat memberikan pengalaman visual kepada peserta didik dalam rangka mendorong motifasi belajar, memperjelas , dan mempermudah konsep yang kompleks  dan abstrak menjadi lebih sederhana, konkrit serta mudah dipahami.
Secara umum media pembelajaran mempunyai kegunaan- kegunaan sebagai berikut:
1)      Memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbalistis(dalam bentuk kata- kata tertulis atau lisan belaka).
2)      Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indera, seperti misalnya:
a.       Objek yang terlalu besar bisa digantikan dengan realita, gambar, film bingkai, film, atau model;
b.      Objek yang kecil dibantu dengan proyektro mikro, film bingkai, film, atau gambar;
c.       Gerak yang terlalu lambat atau terlalu cepat, dapat dibantu dengan timeplase atau high-speed photography;
d.      Kejadian atau peristiwa yang terjadi di masa lalu bisa ditampilkan lagi lewat rekaman film, video, film bingkai, foto maupun secara verbal;
e.       Objek yang terlalu kompleks (misalnya mesin-mesin) dapat disajikan dengan model, diagram, dan lain-laina;
f.       Konsep yang terlalu luas(gunung berapi, gempa bumi, iklim, dan lain-lain) dapat divisualkan dalam bentuk film, film bingkai, gambar, dan lain-lain;
3)      Penggunaan media pembelajaran yang tepat dan bervariasi dapat mengatasi sikap pasif anak didik. Dalam hal ini media pembelajaran berguna untuk:
a.       Menimbulkan kegairahan belajar;
b.      Memungkinkan interaksi yang lebih langsung antara peserta didik dengan lingkungan dan kenyataan;
c.       Memungkinkan peserta didik belajar sendiri-sendiri menurut kemampuan dan minatnya.
Menjelaskan materi Operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dapat menggunakan media pembelajaran. Salah satu media yang tepat adalah ‘Kartu bilangan’ . Kartu bilangan merupakan media visual.
Kartu bilangan terdiri dari dua set kartu berbentuk persegi panjang berukuran 4 cm x 6 cm dengan dua warna berbeda , misalnya hitam dan putih, masing-masing set terdiri 20 kartu. Kartu-kartu ini disusun secara berpasangan atas bawah(misalnya atas putih dan bawah hitam). Aturanya adalah sebagai berikut :
a.       Buat kesepakatan untuk menetapkan kartu positif(untuk bilangan positif) dan kartu negative (untuk bilangan bulat negative). Misalnya tetapkan kartu putih sebagai kartu positif dan kartu hitam sebagai kartu negative.
b.      Definisikan bilangan nol sebagai semua kartu berpasangan, artinya banyaknya kartu putih sama dengan banyaknya kartu hitam.
c.       Definisikan suatu bilangan bulat positif sebagai banyaknya kartu putih yang tidak berpasangan.
d.      Definisikan suaut bilangan bulat negative sebagai banyaknya kartu hitam yang tidak berpasangan.
Aturan operasi penjumlahan
Penjumlahan diartikan sebagai menambah kartu. Langkah- langkah pengerjaan operasi penjumlahan sebagai berikut:
a.       Definisikan bilangan pertama menggunakan kartu-kartu.
b.      Tambahkan kartu sebagai dengan bilangan yang kedua.
c.       Susunan terakhir menunjukkan bilangan hasil penjumlahan.
Aturan operasi pengurangan
Pengurangan diartikan sebagai mengambil kartu. Langkah- langkah pengerjaan operasi pengurangan sebagai berikut:
a.       Definisikan bilangan pertama menggunakan kartu-kartu.
b.      Ambil kartu sesuai dengan bilangan yang kedua.

c.       Susunan terakhir menunjukkan bilangan hasil pengurangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar