Kamis, 14 Desember 2017

Cara Mudah Mencari Akar-Akar Kuadrat

Persamaan Kuadrat merupakan suatu persamaan polinomial berorde 2 dengan bentuk umum dari persamaan kuadrat yaitu y=ax²+bx+c  dengan a≠0 dan  koefisien kuadrat a merupakan koefisien dari x², koefisien linear b merupakan koefisien dari x sedangkan c adalah koefisien konstan atau biasa juga disebut suku bebas. Nilai koefisien a,b dan c ini yang menentukan bagaimana bentuk parabola dari fungsi persamaan kuadrat dalam ruang xy.

Persamaan kuadrat adalah persamaan apapun dalam bentuk ax2 + bx + c = 0 dengan a ≠ 0. Meskipun "mencari akar persamaan kuadrat" terdengar menakutkan, tetapi sebenarnya tidak — "mencari akar" sama dengan menyelesaikan persamaan untuk nilai x! Persamaan kuadrat apa pun dapat diselesaikan dengan rumus x = (-b +/-√(b2 - 4ac))/2a. Selain itu, bergantung pada persamaan yang Anda kerjakan, ada trik-trik lainnya yang dapat digunakan untuk membantu mencari akar-akar.
Ada cara lain yang lebih mudah dan cepat untuk menentukan Himpunan Penyelesaian system persamaan yang kita sebut dengan Cara/rumus Praktis : yaitu dengan cara langsung menentukan nilai x dan y, berikut ini adalah penjelasan langkah-langkah dalam menentukan nilai x dan y, adapun langkah penyelesaian terdiri dari 3 langkah yaitu:
1)      Menentukan Penyebut untuk x dan y:
diperoleh dengan cara determinan matriks koefisien x dan y (tutup/abaikan koefisien c) dari system peramaan linear:
(untuk diingat: menentukan penyebut = menutup c)



2)      Menentukan Pembilang dari x
diperoleh dengan cara determinan matriks koefisien y dan c (tutup/abaikan koefisien x yaitu a1 dan a2) dari system peramaan linear:
(untuk diingat: menentukan x = menutup x)
       


3)      Menentukan Pembilang dari y
diperoleh dengan cara determinan matriks koefisien x dan c (tutup/abaikan koefisien y yaitu a1 dan a2) dari system peramaan linear:
(untuk diingat: menentukan y = menutup y)



Contoh :
Himpunan penyelesaian dari sistem persamaan linear 2x + 3y + 6 = 0 dan 3x + 2y – 1 = 0 adalah ....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar